Home » » FREESTYLE SOCCER

FREESTYLE SOCCER

Written By Unknown on Jumat, 07 Desember 2012 | 16.04

Perkembangan gaya serta teknik bermain sepakbola, telah mengalami banyak perubahan, dari masa ke masa. Bahkan, sepakbola kini, tak hanya menjadi sebatas olahraga, namun telah bermetafora, menjadi sebuah permainan, nan aktraktif.

Freestyle soccer, adalah salah satu, bentuk perkembangannya. Namun, tidak ada yang tahu pasti, sejak kapan gaya bermain sepakbola bebas ini, mulai tercetus.

Freestyle soccer sendiri, masih termasuk dalam olahraga sepakbola, namun gerakan dan teknik sepakbolanya, dipadukan dengan berbagai gerakan lainnya, seperti breakdance, akraopbatik, sehingga menjadi sebuah hiburan.

Tidak ada aturan, dalam freestyle soccer ini.

Tidak seperti sepakbola biasa, yang harus dimainkan oleh satu tim, atau sebelas orang. Freestyle soccer, dapat dimainkan oleh jumlah yang lebih fleksibel, bahkan dapat dimainkan oleh, satu orang saja. Seorang freestyler, biasanya mengolah si kulit bundar, dengan menggunakan kaki, kepala, punggung, atau bagian tubuh lainnya, untuk memainkan atau menciptakan trik – trik yang baru.

Membutuhkan waktu, yang cukup lama, untuk dapat memainkan teknik teknik dasar, freestyle soccer. Setidaknya, ada beberapa teknik dasar, yang harus dikuasai, untuk menjadi seorang freestyler profesional, seperti set up, juggling, stal, atau menyimpan bola dibagian tubuh tertentu, dribling, dan around the world.

Setelah menguasai gerakan dalam teknik dasar, biasanya para freestyler, mengkombinasikan dan mengembangkan teknik dasar tersebut, atau menciptakan gerakan baru.

Dalam freestyle sendiri, haram hukumnya, jika bola menyentuh tanah, saat melakukan trik trik freestyle.

Selain dapat digunakan, sebagai hiburan, teknik freestyle soccer, juga dapat digunakan, untuk mengelabui lawan, dalam permainan sepakbola, baik lapangan besar maupun futsal.

Setelah melakukan juggling, dan menyimpan bola di kepala, bola kemudian diambil oleh freestyler lainnya, yang berlari dari belakang. Sungguh sebuah gerakan yang menghibur, dan menimbulkan bercak kagum, bagi siapa pun yang menyaksikannya.

Nah, klo trik yang satu ini, biasa disebut dengan sit juggling. Teknik mematulkan bola dengan kedua kaki, namun dalam posisi tidur.

Di bandung, para freestyler soccer, tergabung dalam komunitas n-wai. Nama n-wai, berarti dari bahasa sunda, naon wae, atau dalam bahasan apa saja.

Setiap sabtu petang, mereka berkumpul dan berlatih di taman cikapayang, jalan insinyur Haji Juanda, Bandung – jawa barat, atau saat car free day.

Taman yang terhitung tidak begitu luas, dimamfaatkan oleh para penggemar freestyle soccer, sebagai lahan berlatih. Selain kesabaran, juga dibutuhkan konsistensi penuh, dalam berlatih, untuk dapat menguasai, teknik teknik freestyler soccer. (*git)
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : IMTV Copyright © 2011. IMTV Bandung - All Rights Reserved